Pandawa lima dan keberanian mereka
Pandawa lima dikenal sebagai simbol keberanian dan ketangguhan dalam perang. Mereka terus menerus berjuang melawan pasukan Kurawa meskipun mereka sering kali kalah jumlah.
Keberanian tokoh wayang ini bahkan terlihat saat mereka menghadapi para prajurit unggulan Kurawa.
Pandawa lima terus bertahan dan tetap bersatu dalam perjuangan mereka. Kita bisa belajar dari mereka tentang pentingnya terus berjuang dan tidak menyerah dalam menghadapi rintangan.
Baca Juga: Komunitas Wayang Merdeka Kenalkan Wayang secara Menyenangkan
Pandawa lima dan kepemimpinan mereka
Pandawa lima juga merupakan tokoh yang memiliki kepemimpinan yang bagus. Mereka selalu bersama-sama dalam mengambil keputusan dan memiliki pendirian yang teguh.
Mengambil keputusan itu bukanlah hal yang mudah, tetapi Pandawa lima selalu melakukan yang terbaik untuk kebaikan semua orang.
Mereka memimpin dengan penuh tanggung jawab. Meskipun berbeda dalam hal kepribadian, tetapi satu sama lain tetap bersatu untuk tujuan yang sama.
Pandawa lima adalah tokoh wayang legendaris yang memiliki keberanian, keadilan, dan kemampuan kepemimpinan yang hebat. Kisah mereka dalam Mahabharata terus menginspirasi kita sampai hari ini.
Pandawa lima mengajarkan kita tentang arti keberanian, keadilan dan mengambil tanggung jawab dalam hidup. Mereka adalah contoh yang baik tentang bagaimana bekerja sama dan menjunjung tinggi nilai-nilai positif.
Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu untuk mewujudkan kebaikan dan keberanian dalam hidup, ya!
Baca Juga: Gunungan Wayang Kulit dari Sultan untuk Paus Fransiskus
Arjuna merupakan putra bungsu Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Kunti. Ia memiliki beberapa nama lain, di antaranya Permadi, Janaka, Wibatsuh, Parta, Dananjaya, dan Palguna.
Ia merupakan jelmaan dari Dewa Indra yang memimpin kerajaan di Madukara. Arjuna merupakan sosok ksatria cerdik yang gemar berkelana, bertapa, dan menuntut ilmu. Ia identik dengan karakter mulia, berjiwa ksatria, mempunyai iman yang kuat, dan gagah berani.
Arjuna juga merupakan tokoh yang mahir dalam ilmu peperangan. Beberapa senjata sakti yang ia miliki, di antaranya panah pasupati, busur gandiwa, dan terompet dewadatta.
Nakula memiliki nama kecil Pinten. Ia merupakan salah satu putra kembar dari pasangan Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Madri.
Nakula merupakan jelmaan dari Dewa Kembar Aswin (dewa pengobatan). Ia digambarkan sebagai sosok ksatria tangguh yang pandai dalam memainkan senjata. Ia memiliki karakter jujur, setia, taat pada orangtua, dapat menjaga rahasia, dan suka membalas budi.
Saudara kembar Nakula ini memiliki nama kecil Tangsen. Sadewa merupakan jelmaan Dewa Kembar Aswin.
Ia digambarkan sebagai sosok yang ahli dalam ilmu astronomi. Selain itu, Sadewa memiliki karakter yang rajin, bijaksana, setia, taat pada orangtua, dapat menjaga rahasia, dan suka membalas budi.
Penulis: Resla Aknaita Chak
gatot kaca wisuda menceritakan tentang Raden Gatotkaca yang memiliki otot kawat serta tulang besi yang merupakan putra dari Bimasena (pandawa) dan Arimbi (keturunan raksasa). Tetapi pada saat itu terjadilah pertentangan ketika Gatotkaca hendak dijadikan sebagai raja Pringgadani (bangsa raksasa), hal tersebut ditentang oleh Raden Brajadenta (adik Arimbi).
Raden Brajadenta merasa ialah yang lebih berhak atas tahta sebagai raja di Pringgadani karena ia putra laki-laki di keluarga Braja sedangkan Gatotkaca hanya anak dari kakak perempuannya. Terjadilah keributan antara Raden Brajadenta dan Arimbi. Gatotkaca membantu ibunya untuk melawan Brajadenta. Pada saat itu Gatotkaca berhasil diringkus oleh Brajadenda dan akan membunuhnya menggunakan senjata Candrasa. Namun Brajamusti (ayah Arimbi dan Brajadenta) membela Gatotkaca yang kemudian terjadilah perkelahian antara dua raksasa. Keduanya bertarung dengan mengerahkan seluruh kekuatannya, namun tidak ada yang menang. Karena sudah mengerahkan seluruh kekuatannya, tubuh kedua raksasa tersebut mati dan mulai mengecil yang kemudian menyatu dengan tubuh Gatotkaca. Sehingga Gatotkaca memiliki berbagai ilmu dan kekuatan seperti ajian Brajamusti pada telapak tangan kirinya dan ajian Brajadenta pada telapak tangan kanannya. Karena hal tersebut, Gatotkaca dinobatkan sebagai raja Pringgadani.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
adjar.id - Adjarian tahu siapa saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam kisah pewayangan Ramayana?
Kalau mendengar judulnya, mungkin tokoh pertama yang akan muncul dalam benak kita adalah Rama.
Yap, Sri Rama atau Rama Wijaya merupakan tokoh utama dalam kisah Ramayana.
Ramayana memang menceritakan perjalanan sang Rama selama dibuang ke hutan.
Selain itu, ada juga Dewi Shinta yang menjadi istrinya dan Rahwana yang merupakan musuh Sri Rama.
Sebagian dari kita mungkin juga sudah tidak asing lagi dengan Hanoman, yaitu seekor kera putih yang membantu Sri Rama saat menyelamatkan Dewi Shinta.
Sri Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman memang menjadi tokoh penting dalam kisah Ramayana.
Namun, sebenarnya masih banyak sekali tokoh lain yang turut mendukung jalannya kisah pewayangan satu ini?
Siapa saja tokoh dalam kisah pewayangan Ramayana? Yuk, kita caritahu bersama, Adjarian!
Baca Juga: Mengenal dan Meneladani Karakter Tokoh Pewayangan Jawa Pandawa Lima
33 Tokoh dalam Kisah Pewayangan Ramayana
Baca Juga: Mengenal Sifat Karakter dan Ciri-Ciri Tokoh Pewayangan Punakawan
Baca Juga: Mengenal dan Meneladani 5 Tokoh Perempuan dalam Kisah Pewayangan
Baca Juga: Macam-Macam Dasanama atau Nama Lain Tokoh Pewayangan
Nah, Adjarian, itulah daftar 33 tokoh dalam kisah pewayangan Ramayana.
Simak juga video berikut, yuk!
Gatot Kaca adalah seorang tokoh dalam wiracarita Mahabharata, putra Bimasena atau Wrekodara dari keluarga Pandawa. Di Indonesia, Gatotkaca menjadi tokoh pewayangan yang sangat populer. Kesaktiannya dikisahkan luar biasa, antara lain mampu terbang di angkasa tanpa menggunakan sayap, serta terkenal dengan julukan "otot kawat tulang besi".
adjar.id - Dalam kisah pewayangan Mahabharata, ada tokoh Pandawa Lima.
Pandawa Lima adalah sebutan bagi lima bersaudara dalam kisah Mahabharata.
Sesuai dengan namanya, Pandawa Lima terdiri atas lima orang tokoh yang merupakan anak dari Prabu Pandu Dewanata.
O iya, Prabu Pandu Dewanata merupakan raja dari Hastinapura, Adjarian.
Kemunculan Pandawa Lima dalam cerita Mahabharata saat perang melawan Kurawa dikenal sebagai kisah heroik terbaik dalam pewayangan.
Pandawa merupakan istilah dalam bahasa Sanskerta yang artinya putra Pandu.
Lalu, siapa saja tokoh Pandawa Lima itu?
Yudhistira atau dikenal juga dengan nama Prabu Puntadewa merupakan anak tertua dari Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Kunti.
Sosok Yudhistira sendiri dipercaya sebagai jelmaan dari Dewa Yana yang memerintah di Kerajaan Amarta.
Tokoh Yudhistira memiliki karakter yang sangat bijaksana dan tidak pernah berbuat kebohongan atau dusta selama hidupnya.
Baca Juga: Kumpulan Soal Bahasa Jawa Materi Pandawa Lima dan Jawabannya
Selain itu, Yudhistira juga mempunyai moral yang sangat baik dan dikenal sebagai orang yang pemaaf.
Pusaka atau senjata yang dimiliki oleh Yudhistira dikenal dengan Jamus Kalimasada atau Jimat Kalimasada.
Bima merupakan anak kedua dari Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Kunti yang memiliki nama kecil Sena.
Bima dianggap sebagai jelmaan dari Dewa Bayu yang juga dijuluki sebagai Bayusutha.
Jika dibandingkan dengan tokoh Pandawa Lima lain, Bima merupakan tokoh yang paling kuat, Adjarian.
Dalam cerita pewayang, Bima dikenal sebagai Raden Werkudara, yaitu julukan ksatria di Jodhipati.
Bima memiliki pusaka atau senjata yang dikenal dengan nama Rujakpala.
O iya, Bima mempunyai tiga orang anak, yaitu Raden Gatotkaca, Raden Antareja, dan Randen Antasena.
Arjuna dikenal sebagai Raden Janaka, Raden Premadi, Raden Dananjaya, Raden Pamade, dan Raden Pandhutanaya.
Baca Juga: Memahami Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Pewayangan Mahabharata
Tokoh Arjuna dalam cerita pewayangan dikenal sebagai ksatria di Madukara yang merupakan jelmaan dari Dewa Indra sang dewa perang.
Pusaka yang dimiliki oleh Arjuna, yaitu Keris Pulanggeni, Panah Pasopati, dan Panah Sarotama.
Nah, Arjuna ini digambarkan sebagai tokoh ksatria yang cerdik dan senang berkelana, menuntut ilmu, dan bertapa.
Arjuna juga sangat mahir dalam peperangan dan mempunyai kemampuan dalam mengatur strategi.
Ia dikenal sebagai otak dari kesuksesan perang Pandawa melawan Kurawa dalam cerita pewayangan.
Nakula merupakan salah satu putra kembar dari Prabu Pandu Dewanata dan Dewi Madrim.
Nakula juga disebut sebagai jelmaan dari dewa kembar Aswin yang juga dikenal sebagai dewa pengobatan.
Nakula memiliki kemampuan dalam memainkan pedang yang menjadikannya sebagai seorang ksatria pedang yang tangguh.
Watak yang dimiliki Nakula ialah jujur, setia, dan taat kepada orang tua.
Baca Juga: 100 Nama Kurawa dalam Kisah Pewayangan Mahabarata
Nama kecil Sadewa adalah Tangsen. Ia merupakan kembaran dari Nakula.
Sadewa dikenal sebagai orang yang memiliki watak bijaksana dan rajin.
Selain itu, Sadewa juga merupakan tokoh yang ahli di bidang ilmu astronomi.
Nah, itulah tokoh Pandawa Lima dalam kisah pewayangan Mahabharata.
Ki Lurah Petruk adalah putra dari Gandarwa Raja yang diambil anak oleh Ki Lurah Semar. Petruk memiliki nama alias, yakni Dawala. Dawa artinya panjang, la, artinya ala atau jelek. Sudah panjang, tampilan fisiknya jelek. Hidung, telinga, mulut, kaki, dan tangannya panjang. Namun jangan gegabah menilai, karena Lurah Petruk adalah jalma tan kena kinira, biar jelek secara fisik tetapi ia sosok yang tidak bisa diduga-kira. Gambaran ini merupakan pralambang akan tabiat Ki Lurah Petruk yang panjang pikirannya, artinya Petruk tidak grusah-grusuh (gegabah) dalam bertindak, ia akan menghitung secara cermat untung rugi, atau resiko akan suatu rencana dan perbuatan yang akan dilakukan. Petruk Kanthong Bolong, menggambarkan bahwa Petruk memiliki kesabaran yang sangat luas, hatinya bak samodra, hatinya longgar, plong dan perasaannya bolong tidak ada yang disembunyikan, tidak suka menggerutu dan ngedumel. Petruk Kanthong Bolong wajahnya selalu tersenyum, bahkan pada saat sedang berduka pun selalu menampakkan wajah yang ramah dan murah senyum dengan penuh ketulusan. Petruk mampu menyembunyikan kesedihannya sendiri di hadapan para kesatria bendharanya. Sehingga kehadiran petruk benar-benar membangkitkan semangat dan kebahagiaan tersendiri di tengah kesedihan. Prinsip “laku” hidup Ki Lurah Petruk adalah kebenaran, kejujuran dan kepolosan dalam menjalani kehidupan. Bersama semua anggota Punakawan, Lurah Petruk membantu para kesatria Pandhawa Lima (terutama Raden Arjuna) dalam perjuangannya menegakkan kebenaran dan keadilan.
Petruk adalah tokoh punakawan dalam pewayangan Jawa, di pihak keturunan/trah Witaradya. Petruk tidak disebutkan dalam kitab Mahabarata. Jadi jelas bahwa kehadirannya dalam dunia pewayangan merupakan gubahan asli Jawa. Masa lalu
Menurut pedalangan, ia adalah anak pendeta raksasa di pertapaan dan bertempat di dalam laut bernama Begawan Salantara. Sebelumnya ia bernama Bambang Pecruk Panyukilan. Ia gemar bersenda gurau, baik dengan ucapan maupun tingkah laku dan senang berkelahi. Ia seorang yang pilih tanding/sakti di tempat kediamannya dan daerah sekitarnya. Oleh karena itu ia ingin berkelana guna menguji kekuatan dan kesaktiannya.Di tengah jalan ia bertemu dengan Bambang Sukodadi dari pertapaan Bluluktiba yang pergi dari padepokannya di atas bukit, untuk mencoba kekebalannya. Karena mempunyai maksud yang sama, maka terjadilah perang tanding. Mereka berkelahi sangat lama, berhantam, bergumul, tarik-menarik, tendang-menendang, injak-menginjak, hingga tubuhnya menjadi cacat dan berubah sama sekali dari wujud aslinya yang tampan. Perkelahian ini kemudian dipisahkan oleh Smarasanta (Semar) dan Bagong yang mengiringi Batara Ismaya. Mereka diberi fatwa dan nasihat sehingga akhirnya keduanya menyerahkan diri dan berguru kepada Smara/Semar dan mengabdi kepada Sanghyang Ismaya. Demikianlah peristiwa tersebut diceritakan dalam lakon Batara Ismaya Krama.
Karena perubahan wujud tersebut masing-masing kemudian berganti nama. Bambang Pecruk Panyukilan menjadi Petruk, sedangkan Bambang Sukodadi menjadi Gareng.
Istri dan keturunan.Petruk mempuyai istri bernama Dewi Ambarawati, putri Prabu Ambarasraya, raja Negara Pandansurat yang didapatnya melalui perang tanding. Para pelamarnya antara lain: Kalagumarang dan Prabu Kalawahana raja raksasa di Guwaseluman. Petruk harus menghadapi mereka dengan perang tanding dan akhirnya ia dapat mengalahkan mereka dan keluar sebagai pemenang. Dewi Ambarawati kemudian diboyong ke Girisarangan dan Resi Pariknan yang memangku perkawinannya. Dalam perkawinan ini mereka mempunyai anak lelaki dan diberi nama Lengkungkusuma.
Petruk dalam Lakon Pewayangan
Oleh karena Petruk merupakan tokoh pelawak/dagelan (Jawa), kemudian oleh seorang dalang digubah suatu lakon khusus yang penuh dengan lelucon-lelucon dan kemudian diikuti dalang-dalang lainnya, sehingga terdapat banyak sekali lakon-lakon yang menceritakan kisah-kisah Petruk yang menggelikan, contohnya lakon Petruk Ilang Pethele menceritakan pada waktu Petruk kehilangan kapak/pethel-nya.
Dalam kisah Ambangan Candi Spataharga/Saptaraga, Dewi Mustakaweni, putri dari negara Imantaka, berhasil mencuri pusaka Jamus Kalimasada dengan jalan menyamar sebagai kerabat Pandawa (Gatotkaca), sehingga dengan mudah ia dapat membawa lari pusaka tersebut. Kalimasada kemudan menjadi bahan perebutan antara kedua negara itu. Di dalam kekeruhan dan kekacauan yang timbul tersebut, Petruk mengambil kesempatan menyembunyikan Kalimasada, sehingga karena kekuatan dan pengaruhnya yang ampuh, Petruk dapat menjadi raja menduduki singgasana kerajaan Lojitengara dan bergelar Prabu Welgeduwelbeh (Wel Edel Bey). Lakon ini terkenal dengan judul Petruk Dadi Ratu. Prabu Welgeduwelbeh/Petruk dengan kesaktiannya dapat membuka rahasia Prabu Pandupragola, raja negara Tracanggribig, yang tiada lain adalah kakaknya sendiri, yaitu Nala Gareng. Dan sebaliknya Bagong-lah yang menurunkan Prabu Welgeduwelbeh dari tahta kerajaan Lojitengara dan badar/terbongkar rahasianya menjadi Petruk kembali. Kalimasada kemudian kembali kepada Pandawa.
Bagong adalah anak ketiga Ki Lurah Semar. Secara filosofi Bagong adalah bayangan Semar. Sewaktu Semar mendapatkan tugas mulia dari Hyang Manon, untuk mengasuh para kesatria yang baik, Semar memohon didampingi seorang teman. Permohonan Semar dikabulkan Hyang Maha Tunggal, dan ternyata seorang teman tersebut diambil dari bayangan Semar sendiri. Setelah bayangan Semar menjadi manusia berkulit hitam seperti rupa bayangan Semar, maka diberi nama Bagong. Sebagaimana Semar, bayangan Semar tersebut sebagai manusia berwatak lugu dan teramat sederhana, namun memiliki ketabahan hati yang luar biasa. Ia tahan menanggung malu, dirundung sedih, dan tidak mudah kaget serta heran jika menghadapi situasi yang genting maupun menyenangkan. Penampilan dan lagak Lurah Bagong seperti orang dungu. Meskipun demikian Bagong adalah sosok yang tangguh, selalu beruntung dan disayang tuan-tuannya. Maka Bagong termasuk punakawan yang dihormati, dipercaya dan mendapat tempat di hati para kesatria. Istilahnya bagong diposisikan sebagai bala tengen, atau pasukan kanan, yakni berada dalam jalur kebenaran dan selalu disayang majikan dan Tuhan.
Ki Lurah Bagong adalah nama salah satu tokoh panakawan dalam kisah pewayangan yang berkembang di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tokoh ini dikisahkan sebagai anak bungsu Semar. Dalam pewayangan Sunda juga terdapat tokoh panakawan yang identik dengan Bagong (dalam bahasa Sunda: bagong berarti babi hutan, celeng), yaitu Cepot atau Astrajingga, adalah anak tertua Semar, dan di versi wayang golek purwa- Sunda terkenal dengan sebutan Cepot atau Astrajingga , disebut juga Gurubug atau Kardun, sedang di Jawa Timur lebih dikenal dengan nama Jamblahita. Di daerah Banyumas, panakawan ini lebih terkenal dengan sebutan Bawor, Pada wayang Banjar – Kalimantan Selatan ia dipanggil Begung.
Ciri Fisik, sebagai seorang panakawan yang sifatnya menghibur penonton wayang, tokoh Bagong pun dilukiskan dengan ciri-ciri fisik yang mengundang kelucuan, bertubuh pendek dan gemuk, dengan mata bundar besar, bibirnya lebar, hidung kecil dan bersifat agak kekanak-kanakan. bagong (e-wayang)
Gaya bicara Bagong terkesan semaunya sendiri. Dibandingkan dengan ketiga panakawan lainnya, yaitu Semar, Gareng, dan Petruk, maka Bagong adalah sosok yang paling lugu dan kurang mengerti tata krama. Meskipun demikian majikannya tetap bisa memaklumi.
Pada versi Cirebon ciri- ciri Bagong, suaranya serak, kasar, selalu berbahasa Sunda, mungkin karena hal ini Bagong Cirebon disebut juga Astrajingga. Jika berkelahi ia “menumbuk“ lawan nya dengan kepala.
Beberapa versi menyebutkan Bagong bukanlah anak kandung semar, namun ciptaan.
Dikisahkan Semar yang merupakan penjelmaan Batara Ismaya diturunkan ke dunia bersama kakaknya, yaitu Togog atau penjelmaan dewa bernama Batara Antaga untuk mengasuh ketu-runan adik mereka, yaitu Batara Guru.
Togog dan Semar sama-sama mengajukan permohonan kepada ayah mereka, yaitu Sanghyang Tunggal, supaya masing-masing diberi teman. Sanghyang Tunggal ganti mengajukan pertanyaan berbunyi, siapa kawan sejati manusia. Togog menjawab “hasrat”, sedangkan Semar menjawab “bayangan”. Dari jawaban tersebut, Sanghyang Tunggal pun mencipta hasrat Togog menjadi manusia kerdil bernama Bilung, sedangkan bayangan Semar dicipta menjadi manusia bertubuh bulat, menjadi seorang lelaki yang postur tubuhnya mirip Semar, ia diberi nama Bagong.
Versi lain menyebutkan, Semar adalah cucu Batara Ismaya. Semar mengabdi kepada seorang pertapa bernama Resi Manumayasa yang kelak menjadi leluhur para Pandawa. Ketika Manumayasa hendak mencapai moksa, Semar merasa kesepian dan meminta diberi teman. Manumayasa menjawab bahwa temannya yang paling setia adalah bayangannya sendiri. Seketika itu pula, bayangan Semar pun berubah menjadi manusia, dan diberi nama Bagong, walaupun Bagong sebenarnya merupakan anak pertama Semar, ia sering dijadikan anak bungsu. Salah kaprah ini disebabkan oleh sifat Bagong yang kekanak-kanakan.
Nala adalah hati, Gareng (garing) berarti kering, atau gering, yang berarti menderita. Nala Gareng berarti hati yang menderita. Maknanya adalah perlambang “laku” prihatin. Namun Nala Gareng diterjemahkan pula sebagai kebulatan tekad. Dalam serat Wedhatama disebutkan gumeleng agolong-gilig. Merupakan suatu tekad bulat yang selalu mengarahkan setiap perbuatannya bukan untuk pamrih apapun, melainkan hanya untuk netepi kodrat Hyang Manon. Nala Gareng menjadi simbol duka-cita, kesedihan, nelangsa. Sebagaimana yang tampak dalam wujud fisik Nala Gareng merupakan sekumpulan simbol yang menyiratkan makna sbb:
Mata sebelah kiri mengarah keatas dan ke samping. Maknanya Nala Gareng selalu memusatkan batinnya kepada Hyang Widhi.
Lengan Bengkok atau cekot/ceko :
Melambangkan bahwasannya manusia tak akan bisa berbuat apa-apa bila tidak berada pada kodrat atau kehendak Hayng Widhi.
Kaki Pincang, jika berjalan sambil jinjit :
Artinya Nala Gareng merupakan manusia yang sangat berhati-hati dalam melangkah atau dalam mengambil keputusan. Keadaan fisik nala Gareng yang tidak sempurna ini mengingatkan bahwa manusia harus bersikap awas dan hati-hati dalam menjalani kehidupan ini karena sadar akan sifat dasar manusia yang penuh dengan kelemahan dan kekurangan.
Mulut gareng berbentuk aneh dan lucu, melambangkan ia tidak pandai bicara, kadang bicaranya sasar-susur (belepotan) tak karuan. Bicara dan sikapnya serba salah, karena tidak merasa percaya diri. Namun demikian Nala Gareng banyak memiliki teman, baik di pihak kawan maupun lawan. Inilah kelebihan Nala Gareng, yang menjadi sangat bermanfaat dalam urusan negosiasi dan mencari relasi, sehingga Nala Gareng sering berperan sebagai juru damai, dan sebagai pembuka jalan untuk negosiasi. Justru dengan banyaknya kekurangan pada dirinya tersebut, Nala Gareng sering terhindar dari celaka dan marabahaya.
Gareng lazim disebut sebagai anaknya Semar, dan masuk dalam golongan panakawan. Aslinya, Gareng bernama Bambang Sukskati, putra Resi Sukskadi dari padepokan Bluluktiba. Bertahun-tahun Bambang Sukskati bertapa di bukit Candala untuk mendapatkan kesaktian. Setelah selesai tapanya, ia kemudian minta ijin pada ayahnya untuk pergi menaklukan raja-raja.
Di tengah perjalanan Bambang Sukskati bertemu dengan Bambang Panyukilan, putra Bagawan Salantara dari padepokan Kembangsore. Karena sama-sama congkaknya dan sama-sama mempertahankan pendiriannya, terjadilah peperangan antara keduanya. Mereka mempunyai kesaktian yang seimbang, sehingga tiada yang kalah dan menang. Mereka juga tak mau berhenti berkelahi walau tubuh mereka telah saling cacad tak karuan. Perkelahian baru berakhir setelah dilerai oleh Semar/Sanghyang Ismaya. Karena sabda Sanghyang Ismaya, berubahlah wujud keduanya menjadi sangat jelek. Tubuh Bambang Sukskati menjadi cacad. Matanya juling, hidung bulat bundar, tak berleher, perut gendut, kaki pincang, tangannya bengkok/tekle/ceko (Jawa). Oleh Sanghyang Ismaya namanya diganti menjadi Nala Gareng, sedangkan Bambang Panyukilan menjadi Petruk.
Nala Gareng menikah dengan Dewi Sariwati, putri Prabu Sarawasesa dengan permaisuri Dewi Saradewati dari negara Salarengka, yang diperolehnya atas bantuan Resi Tritusta dari negara Purwaduksina. Nala Gareng berumur sangat panjang, ia hidup sampai jaman Madya.
Gareng dan Makna Filosofisnya
Gareng ialah anak Gandarwa (sebangsa jin) yang diambil anak angkat pertama oleh Semar. Nama lain gareng adalah : Pancalpamor ( artinya menolak godaan duniawi ) Pegatwaja ( artinya gigi sebagai perlambang bahwa Gareng tidak suka makan makanan yang enak-enak yang memboroskan dan mengundang penyakit. Nala Gareng (artinya hati yang kering, kering dari kemakmuran, sehingga ia senantiasa berbuat baik). Gareng adalah punakawan kedua setelah Semar. ciri fisik Gareng :
1. Mata juling……………. artinya tidak mau melihat hal-hal yang mengundang kejahatan/ tidak baik. 2. Tangan ceko (melengkung) ………………. artinya tidak mau mengambil/ merampas hak orang lain. 3. Sikil gejik (seperti pincang) ………………. artinya selalu penuh kewaspadaan dalam segala perilaku.
Gareng senang bercanda, setia kepada tuannya, dan gemar menolong. Dalam pengembaraannya pernah menjadi raja bernama Prabu Pandu Bergola di kerajaan Parang Gumiwang. Ia sakti mandraguna, semua raja ditaklukkannya. Tetapi ia ingin mencoba kerajaan Amarta ( tempat ia mengabdi ketika menjadi punakawan).Semua satria pandawapun dikalahkannya. Sementara itu Semar, Petruk dan Bagong sangat kebingungan karena kepergian Gareng. Untunglah Pandawa mempunyai penasehat yang ulung, yaitu Prabu Kresna. Ia menyarankan kepada Semar, jika ia ingin bertemu dengan Gareng relakanlah Petruk untuk untuk menghadapi Pandu Bergola. Semar tanggap dengan ucapan Krena, sedangkan hati Petruk menjadi ciut nyalinya. Petruk berfikir Semua raja juga termasuk Pandawa saja dikalahkan Pandu Bergola, apa jadinya kalau dia yang menghadapinya. Melihat kegamangan Petruk, Semar mendekat dan membisikkan sesuatu kepadanya. Setelah itu petruk menjadi semangat dan girang, kemudian ia berangkat menghadapi Pandu Bergola. Saat Pandu Bergola sudah berhadapan dengan Petruk, ia selalu membelakangi ( tidak mau bertatap muka), jika terpaksa bertatap muka ia selalu menunduk. Tetapi Petruk senantiasa mendesak untuk bertanding. Akhirnya terjadilah perang tanding yang sangat ramai, penuh kelucuan dan juga kesaktian. Saat pergumulan terjadi Pandu Bergola berubah wujud menjadi Gareng. Tetapi Petruk belum menyadarinya. Pergumulan terus berlanjut …….. sampai pada akhirnya Semar memisahkan keduanya. Begitu tahu wujud asli Pandu Bergola …… Petruk memeluk erat-erat kakaknya (Gareng) dengan penuh girang. semua keluarga Pandawa ikut bersuka cita karena abdinya telah kembali. Gareng ditanya oleh Kresna, mengapa melakukan seperti itu. ia menjawab bahwa dia ingin mengingatkan tuan-tuannya (Pandawa), jangan lupa karena sudah makmur sehingga kurang/ hilang kehati-hatian serta kewaspadaannya. Bagaimana jadinya kalau negara diserang musuh dengan tiba-tiba? negara akan hancur dan rakyat menderita. Maka sebelum semua itu terjadi Gareng mengingatkan pada rajanya. Pandawa merasa gembira dan beruntung punya abdi seperti Gareng. Makna yang terkandung dalam kisah Gareng adalah :
1. Jangan menilai seseorang dari wujud fisiknya. Budi itu terletak di hati, watak tidak tampak pada wujud fisik tetapi pada tingkah dan perilaku. Belum tentu fisiknya cacat hatinya jahat. 2. Manusia wajib saling mengingatkan. 3. Jangan suka merampas hak orang lain. 4. Cintailah saudaramu dengan setulus hati. 5. Kalau bertindah harus dengan penuh perhitungan dan hati-hati
adalah putra Prabu Pandu Dewanata, raja negara Astinapura dengan Dewi Kunti/Dewi Prita --- putri Prabu Basukunti, raja negara Mandura.
Ia merupakan anak ke-tiga dari lima bersaudara satu ayah, yang dikenal dengan nama Pandawa. Dua saudara satu ibu adalah Puntadewa dan Bima/Werkudara. Sedangkan dua saudara lain ibu, putra Pandu dengan Dewi Madrim adalah Nakula dan Sadewa.
Arjuna seorang satria yang gemar berkelana, bertapa dan berguru menuntut ilmu. Selain menjadi murid Resi Drona di Padepokan Sukalima, ia juga menjadi murid Resi Padmanaba dari Pertapaan Untarayana. Arjuna pernah menjadi Pandita di Goa Mintaraga, bergelar Bagawan Ciptaning. Ia dijadikan jago kadewatan membinasakan Prabu Niwatakawaca, raja raksasa dari negara Manimantaka.
Atas jasanya itu, Arjuna dinobatkan sebagai raja di Kahyangan Kaindran bergelar Prabu Karitin. dan mendapat anugrah pusaka-pusaka sakti dari para dewa, antara lain ; Gendewa (dari Bathara Indra), Panah Ardadadali (dari Bathara Kuwera), Panah Cundamanik (dari Bathara Narada).Arjuna juga memiliki pusaka-pusaka sakti lainnya, antara lain ; Keris Kyai Kalanadah, Panah Sangkali (dari Resi Durna), Panah Candranila, Panah Sirsha, Keris Kyai Sarotama, Keris Kyai Baruna, Keris Pulanggeni (diberikan pada Abimanyu), Terompet Dewanata, Cupu berisi minyak Jayengkaton (pemberian Bagawan Wilawuk dari pertapaan Pringcendani) dan Kuda Ciptawilaha dengan Cambuk Kyai Pamuk. Sedangkan ajian yang dimiliki Arjuna antara lain ; Panglimunan, Tunggengmaya, Sepiangin, Mayabumi, Pengasih dan Asmaragama
Arjuna mempunyai 15 orang istri dan 14 orang anak. Adapun istri dan anak-anaknya adalah :
1. Dewi Sumbadra , berputra Raden Abimanyu.
2. Dewi Larasati , berputra Raden Sumitra dan Bratalaras.
4. Dewi Ulupi/Palupi , berputra Bambang Irawan
5. Dewi Jimambang , berputra Kumaladewa dan Kumalasakti
6. Dewi Ratri , berputra Bambang Wijanarka
7. Dewi Dresanala , berputra Raden Wisanggeni
8. Dewi Wilutama , berputra Bambang Wilugangga
9. Dewi Manuhara , berputra Endang Pregiwa dan Endang Pregiwati
10. Dewi Supraba , berputra Raden Prabakusuma
11. Dewi Antakawulan , berputra Bambang Antakadewa
13. Dewi Retno Kasimpar
14. Dewi Juwitaningrat , berputra Bambang Sumbada
15. Dewi Dyah Sarimaya.
Arjuna juga memiliki pakaian yang melambangkan kebesaran, yaitu ; Kampuh/Kain Limarsawo, Ikat Pinggang Limarkatanggi, Gelung Minangkara, Kalung Candrakanta dan Cincin Mustika Ampal (dahulunya milik Prabu Ekalaya, raja negara Paranggelung). Ia juga banyak memiliki nama dan nama julukan, antara lain ; Parta (pahlawan perang), Janaka (memiliki banyak istri), Pemadi (tampan), Dananjaya, Kumbang ali-ali, Ciptaning Mintaraga (pendeta suci), Pandusiwi, Indratanaya (putra Bathara Indra), Jahnawi (gesit trengginas), Palguna, Danasmara (perayu ulung) dan Margana (suka menolong).
Arjuna memiliki sifat perwatakan ; Cerdik pandai, pendiam, teliti, sopan-santun, berani dan suka melindungi yang lemah. Ia memimpin Kadipaten Madukara, dalam wilayah negara Amarta. Setelah perang Bharatayuda, Arjuna menjadi raja di Negara Banakeling, bekas kerajaan Jayadrata. Akhir riwayat Arjuna diceritakan, ia muksa (mati sempurna) bersama ke-empat saudaranya yang lain.
Pandawa lima adalah tokoh wayang lima bersaudara yang terkenal dalam kitab Mahabharata. Mereka adalah Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.
Dalam cerita, mereka memainkan peran penting dalam perang besar antara kerajaan Kurusetra. Pandawa lima adalah simbol kebajikan, keadilan, dan keberanian.
Kami akan membahas lebih lanjut tentang peran mereka dalam kisah Mahabharata. Yuk, simak ulasannya!
Pandawa lima dan keadilan mereka
Lanjutkan membaca artikel di bawah
Pandawa lima selalu dikenal sebagai pahlawan yang adil dan memegang prinsip keadilan. Mereka juga terkenal karena menghargai dan memperlakukan semua orang dengan baik.
Mereka memiliki moral yang sangat tinggi dan selalu adil .Tindakan mereka tersebut menginspirasi kita untuk selalu memegang prinsip keadilan di setiap tindakan yang kita lakukan.